RESEARCH METHODOLOGY (RM)
Mata kuliah yang membahas tentang metodologi penelitian, khususnya untuk bidang computing. Fokus bahasan adalah tentang pengantar penelitian, identifikasi masalah, penentuan topik penelitian, landasan teori, kerangka konsep, hipotesis, dan metodologi penelitian. Mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah ini diharapkan dapat melakukan penelitian tesis dengan baik dan berkualitas.
Mata kuliah yang membahas tentang metodologi penelitian, khususnya untuk bidang computing. Fokus bahasan adalah tentang pengantar penelitian, identifikasi masalah, penentuan topik penelitian, landasan teori, kerangka konsep, hipotesis, dan metodologi penelitian. Mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah ini diharapkan dapat melakukan penelitian tesis dengan baik dan berkualitas.
- Slide Materi: (versi agustus 2012)
- Textbooks:
- Christian W. Dawson, Project in Computing and Information System a Student Guide 2nd Edition, Addison-Wesley, 2009
- Mikael Berndtsson, Jörgen Hansson, Björn Olsson, Björn Lundell, Thesis Projects – A Guide for Students in Computer Science and Information System 2nd Edition, Springer-Verlag London Limited, 2008
DATA MINING (DM)
Mata kuliah yang membahas tentang data mining. Fokus bahasan adalah tentang pengenalan data mining, proses data mining, evaluasi dan validasi pada data mining, metode dan algoritma, serta jenis penelitian data mining. Mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah ini diharapkan dapat memahami materi dan melakukan penelitian pada tema data mining dan machine learning dengan baik dan berkualitas.
Mata kuliah yang membahas tentang data mining. Fokus bahasan adalah tentang pengenalan data mining, proses data mining, evaluasi dan validasi pada data mining, metode dan algoritma, serta jenis penelitian data mining. Mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah ini diharapkan dapat memahami materi dan melakukan penelitian pada tema data mining dan machine learning dengan baik dan berkualitas.
- Slide Materi: (versi juni 2012)
- Software Requirements:
- Textbooks:
- Ian H. Witten, Frank Eibe, Mark A. Hall, Data mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques 3rd Edition, Elsevier, 2011
- Daniel T. Larose, Discovering Knowledge in Data: an Introduction to Data Mining, John Wiley & Sons, 2005
- Florin Gorunescu, Data Mining: Concepts, Models and Techniques, Springer, 2011
- Jiawei Han and Micheline Kamber, Data Mining: Concepts and Techniques 2nd Edition, Elsevier, 2006
- Oded Maimon and Lior Rokach, Data Mining and Knowledge Discovery Handbook Second Edition, Springer, 2010
OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING (OOP)
Mata kuliah yang membahas pemrograman berorientasi objek dengan bahasa pemrograman menggunakan Java. Materi disajikan dengan metode perimbangan teori-praktek, dengan harapan bahwa mahasiswa disamping memahami paradigma berorientasi objek, juga memiliki skill pemrograman di level dasar-intermediate. Materi kuliah telah sukses diterapkan di ratusan kelas progam sarjana (s1) dan pasca sarjana (S2), dengan latar belakang pendidikan audiense yang beraneka ragam (IT atau non-IT).
Mata kuliah yang membahas pemrograman berorientasi objek dengan bahasa pemrograman menggunakan Java. Materi disajikan dengan metode perimbangan teori-praktek, dengan harapan bahwa mahasiswa disamping memahami paradigma berorientasi objek, juga memiliki skill pemrograman di level dasar-intermediate. Materi kuliah telah sukses diterapkan di ratusan kelas progam sarjana (s1) dan pasca sarjana (S2), dengan latar belakang pendidikan audiense yang beraneka ragam (IT atau non-IT).
- Slide Materi: (versi juni 2012)
- Software Requirements:
- Java SE Development Kit 7
- Netbeans IDE 7.2
- Sparx Enterprise Architect 9.4
- Textbooks:
- Sharon Zakhour et al, The Java Tutorial 4th Edition
- Cay Horstmann, Big Java 4th Edition, John Wiley & Sons, 2010
- Cay Horstmann, Java Concepts 6th Edition, John Wiley & Sons, 2010
- Deitel & Deitel, Java How to Program 9th Edition, Prentice Hall, 2010
- Mark Allen Weiss, Data structures and algorithm analysis in Java 3rd Edition, 2012
SOFTWARE ENGINEERING (SE)
Mata kuliah yang membahas keseluruhan aspek produksi software dalam kerangka software development life cycle (SDLC), mulai dari tahap requirement analysis, desain, coding, testing, sampai ke maintenance. Mahasiswa yang menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mampu memahami proses pengembangan software secara komprehensif, termasuk didalamnya standard, notasi, dan pengukuran kualitas. Materi juga mengkombinasikan faktor non-teknis, sehingga dapat membentuk mahasiswa menjadi technopreneur dalam bidang pengembangan software.
Mata kuliah yang membahas keseluruhan aspek produksi software dalam kerangka software development life cycle (SDLC), mulai dari tahap requirement analysis, desain, coding, testing, sampai ke maintenance. Mahasiswa yang menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mampu memahami proses pengembangan software secara komprehensif, termasuk didalamnya standard, notasi, dan pengukuran kualitas. Materi juga mengkombinasikan faktor non-teknis, sehingga dapat membentuk mahasiswa menjadi technopreneur dalam bidang pengembangan software.
- Slide Materi: (versi juni 2012)
- Software Requirements:
- Java SE Development Kit 7
- Netbeans IDE 7.2
- Sparx Enterprise Architect 9.4
- Textbooks:
- Roger S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach 7th Edition, McGraw-Hill, 2009
- Ian Sommerville, Software Engineering 9th Edition, Addison-Wesley, 2010
- Yingxu Wang, Software Engineering Foundations: A Software Science Perspective, Auerbach Publications, Taylor & Francis Group, 2008
- Guide to the Software Engineering Body of Knowledge 2004 Version (SWEBOK), IEEE Computer Society, http://www.swebok.org, 2004
SYSTEMS ANALYSIS AND DESIGN (SAD)
Mata kuliah yang membahas bagaimana melakukan analisa dan desain sistem berorientasi object. Software development life cycle (SDLC) dan software development methodologies dijelaskan dengan komprehensif, sehingga memudahkan pemahaman. Unified Modeling Language (UML) yang sudah menjadi standard notasi pada object-oriented analysis design digunakan dengan disertai studi kasus pengembangan yang riil.
Mata kuliah yang membahas bagaimana melakukan analisa dan desain sistem berorientasi object. Software development life cycle (SDLC) dan software development methodologies dijelaskan dengan komprehensif, sehingga memudahkan pemahaman. Unified Modeling Language (UML) yang sudah menjadi standard notasi pada object-oriented analysis design digunakan dengan disertai studi kasus pengembangan yang riil.
- Slide Materi: (versi oktober 2012)
- Software Requirements:
- Java SE Development Kit 7
- Netbeans IDE 7.2
- Sparx Enterprise Architect 9.4
- Bizagi Modeler 2.3
- Textbooks:
- Alan Dennis et al, Systems Analysis and Design with UML 4th Edition, John Wiley and Sons, 2013
- Gary B. Shelly and Harry J. Rosenblatt, Systems Analysis and Design 9th Edition, Course Technology, 2011
- Hassan Gomaa, Software Modeling and Design: UML, Use Cases, Patterns, and Software Architectures, Cambridge University Press, 2011
- Jeffrey A. Hoffer et al, Modern Systems Analysis and Design 6th Edition, Prentice Hall, 2010
- Kenneth E. Kendall and Julie E Kendall, Systems Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall, 2010
BUSINESS PROCESS MODELING NOTATION (BPMN)
Mata kuliah yang membahas bagaimana melakukan analisa kebutuhan dan mencapture business process pada suatu organisasi dengan Business Process Modeling Notation (BPMN). BPMN muncul karena keterbatasan yang ada pada notasi dan diagram business process lain, misalnya flow chart, activity diagram, dan eriksson penker diagram. BPMN saat ini sudah menjadi notasi business process yang standard dan mulai banyak digunakan di organisasi atau perusahaan secara internasional. Tool yang digunakan adalah Bizagi Modeler yang merupakan software opensource untuk pembuatan BPMN.
Mata kuliah yang membahas bagaimana melakukan analisa kebutuhan dan mencapture business process pada suatu organisasi dengan Business Process Modeling Notation (BPMN). BPMN muncul karena keterbatasan yang ada pada notasi dan diagram business process lain, misalnya flow chart, activity diagram, dan eriksson penker diagram. BPMN saat ini sudah menjadi notasi business process yang standard dan mulai banyak digunakan di organisasi atau perusahaan secara internasional. Tool yang digunakan adalah Bizagi Modeler yang merupakan software opensource untuk pembuatan BPMN.
- Slide Materi:
- Introduction
- Project Planning
- Requirement Analysis
- Business Process Modeling
- Business Process Modeling Notation (BPMN)
- BPMN Modeling using Bizagi Modeler
- Software Requirements:
- Bizagi Modeler 2.3
- Sparx Enterprise Architect 9.4
- Textbooks:
- Object Management Group, Business Process Model and Notation (BPMN), OMG Document Number: formal/2011-01-04, 2011
- Object Management Group, BPMN 2.0 by Example, OMG Document Number: dtc/2010-06-02, 2011
- Bruce Silver, BPMN Method and Style 2nd Edition, Cody-Cassidy Press, 2011
- Derek Miers and Stephen A. White, BPMN Modeling and Reference Guide, Future Strategies Inc., 2008
- Tom Debevoise, Rick Geneva, and Richard Welke, The Microguide to Process Modeling in BPMN 2.0 2nd Edition, CreateSpace, 2011
SOFTWARE QUALITY ASSURANCE (SQA)
Mata kuliah yang membahas bagaimana melakukan penjaminan kualitas software, termasuk didalamnya software testing dan software defect prediction. Kelanjutan dari seri mata kuliah Software Engineering.
Mata kuliah yang membahas bagaimana melakukan penjaminan kualitas software, termasuk didalamnya software testing dan software defect prediction. Kelanjutan dari seri mata kuliah Software Engineering.
- Slide Materi:
- Introduction
- Software Quality Factors
- Pre-project Software Quality Components
- SQA Components in the Project Life Cycle
- Software Quality Infrastructure Components
- Management Components of Software Quality
- Standards, Certification and Assessment
- Organizing for Quality Assurance
- Software Requirements:
- Textbooks:
- Daniel Galin, Software Quality Assurance, Addison-Wesley, 2004
- Jeff Tian, Software Quality Engineering, John Wiley & Sons, Inc., 2005
- G. Gordon Schulmeyer, Handbook of Software Quality Assurance 4th Edition, Artech House, 2008
- Kshirasagar Naik and Priyadarshi Tripathy, Software Testing and Quality Assurance, John Wiley & Sons, Inc., 2008
SOFTWARE TESTING (ST)
Mata kuliah yang membahas tentang software testing secara komprehensif, dengan acuan mengikuti sertifikasi software testing yang diselenggarakan oleh The International Software Testing Qualifications Board (ISTQB). Merupakan kelanjutan dari seri mata kuliah Software Engineering.
Mata kuliah yang membahas tentang software testing secara komprehensif, dengan acuan mengikuti sertifikasi software testing yang diselenggarakan oleh The International Software Testing Qualifications Board (ISTQB). Merupakan kelanjutan dari seri mata kuliah Software Engineering.
- Slide Materi:
- The Fundamentals of Software Testing
- Life Cycles
- Static Testing
- Test Design Techniques
- Test Management
- Tool Support for Testing
- Software Requirements:
- Textbooks:
- Brian Hambling et al., Software Testing – An ISTQB-ISEB Foundation Guide 2nd Edition, BCS The Chartered Institute for IT, 2010
- Kshirasagar Naik and Priyadarshi Tripathy, Software Testing and Quality Assurance, John Wiley & Sons, Inc., 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar